25 September 2018

,

Authortube Newbie Tag Indonesia

Halo, seringkah kalian menjelajahi YouTube untuk mencari-cari tips menulis? Saya sering. Kalau kata kunci "authortuber" dimasukkan ke dalam mesin pencari YouTube, hasil yang didapatkan banyak sekali. Namun hanya ada channel luar negeri yang keluar, dan setelah saya cari-cari, rupanya komunitas authortuber di Indonesia itu tidak ada. Atau mungkin ada, tapi tidak kedengaran gaungnya sehingga informasinya tidak sampai ke saya.

Apa itu authortuber?
Mirip seperti booktuber yang merupakan definisi bagi para reviewer buku di YouTube, authortuber adalah para penulis yang memiliki channel YouTube yang isinya berhubungan dengan segala hal tentang kepenulisan.

Komunitas booktuber sendiri di Indonesia sangat sedikit. Saya bahkan jarang menemukan channel yang update-nya rutin. Yah, namanya juga me-review buku, jadi ya video pasti dibikin setelah selesai baca buku, dan waktu pembacaan tiap buku berbeda-beda. Karena itulah saya tidak memilih menjadi booktuber. Selain lantaran saya sering mood swing saat baca buku, kemampuan saya menyampaikan analisis untuk tiap-tiap buku sangat fluktuatif.

Nah, tentu saja solusi yang apik bagi penulis seperti saya adalah authortuber. Sayangnya, komunitas authortuber bahkan jauh lebih sedikit dibandingkan komunitas booktuber. Di Indonesia, bahkan tidak ada. Sedih, memang. Jadi, daripada saya mengeluhkan tentang hal itu dan kesal sendiri, akan lebih baik jika saya memulainya dari nol.

Awalnya saya bingung harus mulai dari mana dulu untuk membuat video tentang kepenulisan. Kemudian, saya menemukan ada ramai-ramai soal booktube newbie tag di YouTube. Iseng saya pun mencari apakah ada yang versi authortube. Eh, ternyata ada. Dan banyak. Maka akhirnya saya memutuskan untuk memulai dari sana.

Authortube newbie tag itu isinya apa saja, sih?
Saya menemukan authortube newbie tag pertama kali di video YouTube-nya Jenna Streety. Isi videonya adalah 13 pertanyaan yang ditujukan pada diri sendiri sebagai authortuber. Karena pertanyaan-pertanyaan itu isinya dalam bahasa Inggris, saya pun mengalihbahasakannya menjadi bahasa Indonesia.

Pertanyaan-pertanyaan dalam bahasa Inggris yang ada di video itu adalah sebagai berikut:

1. How did you find out about AuthorTube?
2. What genres do you write in?
3. What is your preferred writing tense, point of view, and category of story? (Children’s, YA, NA, Adult, etc.) 
4. Are you a plotter, pantser, or plantser?
5. Are you a self-published, published, or yet-to-be published?
6. What publishing company, literary agent, and/or printing company are you represented by or use? If you’re not yet published, what is your dream publishing house and/or literary agent?
7. What AuthorTube related videos can we expect to find on your channel? 
8. When did you start writing?
9. What was the first story you ever wrote?
10. What authors have inspired your writing the most?
11. Do you schedule your writing sessions or simply get to writing whenever you can find the time?
12. Do you type on a computer, typewriter, write everything out by hand, or use a blend of those? And where do you write in general?
13. What are you most looking forward to now that you’re a part of AuthorTube?

Nah, saya tidak akan menjawab ke-13 pertanyaan itu di sini.

Silakan cek video di bawah ini untuk tahu bagaimana versi pertanyaan-pertanyaan itu dalam bahasa Indonesia dan seperti apa jawaban saya.

Thank you~




Share:

0 komentar:

Posting Komentar