31 Desember 2011

, ,

Goodbye 2011, Welcome 2012

Saya masih suka mendengarkan lagu "Nagareboshi" yang dibawakan oleh Home Made Kazoku yang dipakai sebagai OST. Naruto. Arti dari liriknya selalu membuat saya senyum-senyum sendiri, mengenang masa kecil. Sebagian liriknya yang saya ingat adalah seperti ini:
Chiisana koro no negaigoto
Ima mukashi mo kawaranai mama
Itsuka kirameku ano hoshi no you ni
I wanna shine
Kira-kira artinya seperti ini: "harapan yang kubuat ketika aku kecil, tak pernah berubah sampai sekarang. Suatu hari, seperti bintang yang bersinar itu ... aku ingin bersinar".

Kalau saya pikir-pikir lagi, waktu benar-benar berlalu cepat sekali, ya? Harapan apa yang pernah kita punyai di masa kecil kita? Masihkah kita mengingatnya? Masihkah kita memegang teguh harapan itu hingga masa dewasa kita? Kebanyakan mungkin sudah lupa, dan justru mengubahnya menjadi harapan baru yang lebih rasional dan dapat terjangkau kemampuan kita saat ini.

Saya ingat. Dulu, saya ingin sekali menjadi arsitek. Lalu, membuat desain rumah yang bersahabat dengan lingkungan, bukan malah merusaknya. Saya masih memendam impian itu sampai sekarang, meskipun jalan saya sudah benar-benar berbeda. Tapi, bukan berarti impian itu percuma. Menentukan impian baru bukan berarti melupakan yang lama. Impian lama saya hanyalah pemicu, agar impian baru saya terealisasi dengan impian lama saya sebagai pijakannya. Itulah yang selama ini saya yakini. Apakah kalian juga begitu?

Sekarang, tidak terasa sudah tanggal 31 Desember. Padahal, sepertinya baru kemarin saja saya merasakan euforia tahun baru 2011. Yah, waktu memang seperti anak panah. Sekalinya melesat, kita baru sadar saat anak panah itu sudah sampai tujuan. Dan hari ini, senyum saya benar-benar mengembang, karena Allah menganugerahi kita langit biru cerah sebagai hadiah tutup tahun. Saya berharap malam hari nanti bisa memandangi bintang sebagai ungkapan perpisahan untuk tahun ini. Ya, benar. Tiap memandangi bintang di malam hari, sama seperti saat saya masih kecil, saya pasti selalu berpikir, "Aku juga ingin bersinar seperti bintang itu." Mungkin memang terdengar naif, tapi kenaifan itulah yang selalu bisa membuat saya tetap melangkah maju.

Banyak hal yang terjadi di tahun ini. Banyak suka-duka yang membuat hari-hari saya tidak monoton. Begitu banyak perpisahan, tapi juga begitu banyak pertemuan. Begitu banyak waktu yang saya sia-siakan, tapi juga begitu banyak hal yang saya raih dalam waktu sedikit yang berhasil saya manfaatkan. Saya harap, selama tahun-tahun berikutnya, saya bisa meminimalisir penyia-nyiaan waktu luang tanpa sesuatu hal yang berarti.

Baiklah, semoga nanti malam saya bisa mendapatkan banyak pencerahan lewat muhasabah diri yang akan saya lakukan untuk menilai apa-apa yang saya kerjakan sepanjang tahun ini, agar saya bisa menentukan bagaimana perbaikan untuk tahun-tahun mendatang. Introspeksi diri memang sangat penting untuk mengevaluasi diri. Tak hanya fokus pada keberhasilan kita, tapi juga kegagalan kita. Seperti kata pepatah, "semut di seberang lautan tampak, tapi gajah di pelupuk mata tak tampak". Terkadang, justru kelemahan dan kekurangan diri kita sendiri malah tak kita perhatikan saking sibuknya kita mengurusi kelemahan dan kekurangan orang lain. Sungguh sayang, bukan?

Saya sudah memutuskan tidak akan menyia-nyiakan malam tahun baru dengan acara perayaan kembang api atau semacamnya. Bukankah akan lebih baik bila malam pergantian tahun ini kita gunakan untuk introspeksi diri agar ke depannya kita menjadi pribadi yang jauh lebih baik? Tidak ada salahnya, bukan, memanfaatkan akhir tahun ini untuk perenungan, lantas merencanakan resolusi untuk tahun 2012? Saya rasa, itu akan lebih bermanfaat untuk mengisi malam nanti.

Lalu, apa resolusi saya untuk tahun 2012? Kira-kira, ada beberapa rancangan kasar yang muncul di benak saya untuk tahun ini:
  1. Lulus.
  2. Bisa menamatkan dua dari beberapa proyek novel fantasi saya, yaitu "Katalis Waktu" dan "Primea".
  3. Menyelesaikan komik pembelajaran fisika SMP kelas 1 semester 1.
  4. Bisa menyelesaikan dwilogi proyek teenlit saya yang masih belum saya beri judul.
  5. Bisa menamatkan cerbung "Silence".
  6. Mendalami multimedia pembelajaran.
  7. Men-share secara gratis media pembelajaran buatan saya kepada publik (semoga blognya dapat terealisasi paling tidak akhir tahun 2012).
Yah, memang rencana kasar saya itu tidak muluk-muluk. Soalnya, tiap kali saya membuat rencana yang muluk-muluk, hasil akhirnya pasti selalu gagal. Jadi, saya buat seperti ini saja. Semoga Allah masih kasih saya umur sampai ketujuh rencana saya itu bisa saya realisasikan. Ah, pada akhirnya, ayo kita sambut tahun baru 2012 ini dengan semangat penuh untuk memperbaiki pribadi kita agar menjadi lebih baik.

Salam :)

Share:

2 komentar:

  1. Waah,resolusi saya di tahun depan juga berkutat seputar dunia tulis menulis.. Pengen rampungin sbuah project novel dan juga pengen nyelesein skripsi..
    Smoga kita bisa sama sama menghasilkan banyak karya di tahun depan ^^

    Salam kenal dan selamat tahun baru...

    BalasHapus
  2. @Hana Nuraini Semangat! Semoga tahun 2012 menjadikan kita berprestasi di bidang apa pun yang kita tekuni. Ayo selesaikan novelnya ... semangat! :D

    Salam kenal juga....
    akimashite omedetou :)

    BalasHapus