26 Desember 2011

, ,

Deadline Sadis J50K dan Proyek Novel Fantasi


Lagi-lagi saya mengikuti proyek gila di bulan Januari nanti. Sama seperti NaNoWriMo, Januari 50K adalah sebuah tantangan untuk menulis novel sebanyak 50.000 kata selama bulan Januari. Saya tentu saja nekat ikut. Seperti yang saya pernah bilang, saya membutuhkan deadline sadis agar saya bisa merampungkan novel saya. Hal itu sangat efektif di NaNoWriMo kemarin. Buktinya, novel saya selesai meskipun hanya menjangkau sekitar 32.000an kata. Tapi, ini adalah momentum bagus untuk saya kembali menulis lagi.


Kali ini, saya memutuskan untuk mematangkan lagi dan menulis sebuah novel fantasi. Saat NaNoWriMo kemarin, saya memang awalnya menulis novel bergenre fantasi yang berjudul "Primea", lalu saya ganti dengan teenlit berjudul "A.K.A" yang sudah saya ikutkan dalam Lomba Novel dan Kumcer Bentang Pustaka. Sambil mengisi waktu menunggu pengumuman tanggal 13 Januari nanti, saya putuskan untuk mengisi bulan Januari dengan kegiatan ber-deadline mencekik ini.

Kisah yang ingin saya angkat ini tentang perselisihan dua keluarga yang sudah mendarah-daging sejak berabad-abad lampau. Kalian tahu kisah Romeo-Juliet? Kira-kira, kisah di novel saya ini juga sedikit mengetengahkan tentang itu. Meskipun tentu saja, seperti biasa, saya takkan terlalu banyak menyoroti bagian romance-nya. Ada banyak hal lain yang jauh lebih menarik untuk dieksplor daripada bagian romance. Tapi, saya tidak bilang itu tidak penting, lho.

Oke, sekarang judul. Novel saya ini berjudul "Katalis Waktu". Maksudnya apa? Yah, silakan diinterpretasikan sendiri maksud dari judulnya. Jika kalian membaca novel saya nanti yang Insya Allah bakal saya posting secara berkala selama bulan Januari (sebut saja kalau saya tidak sedang malas *plak*), kalian akan tahu apa maksud saya menjuduli novel saya seperti itu.

Oke, pada akhirnya, saya bakal memulai awal tahun 2012 dengan menulis. Dan itu melegakan.

Salam :)
Share:

6 komentar:

  1. Ahaiy! Selamat bernekad-ria kembali ^_^ Novel saya di Nanowrimo malah belum diedit sama sekali. Wiiih, selamat ya udah kirim ke Bentang Pustaka, semoga mendapatkan kabar baik :D

    Semangaat!

    BalasHapus
  2. @g: ayo novelnya diedit lagi ... terus matengin lagi dan coba kirim XD

    Aamiin, semoga dapat kabar baik ... makasih doanya XD

    Semangat!

    BalasHapus
  3. Wahh keren!saya baru ini coba jadi salah satu nekaders di J50K...semoga ketularan semangatnya mbak Dya Ragil ya...Amin

    BalasHapus