29 Juli 2011

,

Trivia Sherlock Holmes di Animanga Detective Conan

Bicara soal Detektif Conan, pasti ingat dengan sang mangaka Aoyama Gosho. Otak kelabunya yang telah membuat sebuah karya yang diilhami dari novel misteri favoritnya--sekaligus juga favorit saya--Sherlock Holmes, karya Sir Arthur Conan Doyle. Siapa yang tak kenal nama besar novelis misteri yang satu ini? Para pencinta cerita misteri pastilah pernah mendengar namanya. Seorang pionir yang amat piawai meramu cerita detektif dalam Sherlock Holmes ini.

Begitu pulalah dengan manga detektif conan karya Aoyama Gosho, yang tak terlepas dari novel Sherlock Holmes. Mungkin kekaguman tokoh utama manga ini terhadap Sherlock Holmes mewakili kekaguman Aoyama Gosho sendiri pada Sherlock Holmes. Jika dibaca dari volume pertama hingga yang terbaru, ada beberapa kasus dalam manga detektif Conan yang membawa-bawa nama Holmes. Seperti kasus pembunuhan saat pertemuan para penggemar Sherlock Holmes, disini muncul juga gambar boneka menari yang para penggemar Sherlock Holmes pasti tahu bahwa itu adalah kasus unik yang takkan bisa dilupakan, termasuk saya.


Selain pada kasus, dalam kehidupan sehari-hari pun cukup banyak trivia Sherlock Holmes yang muncul dalam Detektif Conan:

1. Tanggal lahir Shinichi Kudo (4 Mei) sama dengan tanggal dimana pertarungan legendaris Sherlock Holmes vs Prof. James Moriarty di Air Terjun Reichenbach.

2. Alamat Shinichi, Beika Street Blok 2 no. 21. Sebenarnya hanyalah perubahan dari Bakerstreet 221B.

3. Kasus anjing hilang bernama Doyle. Ada dua anjing lagi yang dimiliki pemilik anjing yang hilang itu, Arthur dan Conan (sudah almarhum). Jika ketiga nama anjing ini digabung, Arthur Conan Doyle, adalah nama novelis yang membuat Sherlock Holmes.

4. Saat Shinichi mengecil menjadi Conan pun, nama Conan diambilnya dari nama Sir Arthur Conan Doyle.

5. Tempat pertemuan Shuichi Akai dan Rena Mizunashi di Raiha, pengucapannya mirip dengan Reichenbach (dibaca dengan logat jepang tentunya).

6. Dalam Detective Conan The movie 6, The Phantom of Bakerstreet, backgroundnya betul-betul berada di London abad 19, tempat di mana Sherlock Holmes berada. Padahal Sherlock Holmes kan tokoh fiksi? Nah lho? Yah, kalau penasaran, silakan tonton sendiri.

Dan masih banyak lagi. Tapi, saya tidak begitu ingat kesemuanya. Butuh waktu lama untuk membaca keseluruhan manga detektif conan dari awal sampai yang terbaru. Untuk sementara saya tuliskan ini dulu. Kalau nanti saya ingat yang lain lagi, pasti akan saya update.... ^^
Share:

0 komentar:

Posting Komentar